Thursday, April 30, 2020

Pentingnya "Parenting Education" untuk Orang Tua Masa Kini

Pendidikan diawali dari keluarga. Keluarga adalah tempat pertama bagi  pembentukan dan pendidikan anak. Orang tua dan rumah adalah sekolah pertama  yang dikenal oleh anak, karena peran orang tua disini sangatlah penting.  Melalui orangtualah anak akan belajar mengenai nilai-nilai dan norma sebelum  anak memasuki jenjang prasekolah yaitu pendidikan PAUD maupun  pendidikan sekolah dasar. Orang tua harus memiliki bekal mengenai  berbagai macam informasi tentang pendidikan anak. 
Orang tua harus  memberikan tauladan yang baik bagi anak-anaknya, karena anak usia dini  adalah peniru yang ulung. Anak akan belajar melalui tahapan imitasi  yaitu meniru. Apa yang dilihat dan didengar anak akan ditiru oleh anak.  Jadi orang tua harus lebih berhati-hati dalam perilaku maupun perkataan.  
Oleh karena itu, Parenting education adalah metode yang tepat bagi  orang tua dalam pembentukan karakter anak. Parenting disini bukan hanya  sekedar mengasuh anak, namun orang tua harus mendidik, membimbing dan  melindungi setiap perkembangan anak. Parenting educarion sendiri  memiliki pengertian yaitu program pendidikan pengasuhan yang dilakukan  oleh lembaga untuk meningkatkan kualitas kepengasuhan dan tercapainya  visi-misi. Manfaat yang diperoleh dari parenting education yaitu  menambah wawasan dan pengetahuan orang tua dalam hal pengasuhan anak  sesuai dengan usia, karakter dan perkembangannya. Parenting education  memiliki 3 tujuan yaitu :
1. Meningkatkan kesadaran orang tua
Orang  tua harus memiliki kesadaran bahwa mengasuh anak tidak boleh  sembaranagn. Dalam mengasuh anak, diperlukan berbagai macam pengetahuan.  Orang tua tidak boleh asal-asalan dalam memberikan pengasuhan pada  anak. Mengasuh anak tidak hanya sekedar memenuhi kebutuhannya saja.  Orang tua harus menyadari jika belum memiliki banyak pengetahuan dalam  hal pengasuhan, maka harus belajar dengan orang yang lebih ahli seperti  pakar parenting. Karena dalam mengasuh anak tidak hanya berdasar  pengalaman orang lain seperti orang tua, mertua, saudara, ataupun  tetangga. Karena pada dasarnya karakter anak itu berbeda-beda jadi dalam  hal pengasuhan juga harus berbeda. 

2. Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan orang tua dalam hal pengasuhan 
Dalam  proses pengasuhan, orang tua terlebih dahulu harus memahami tentang  pola asuh yang baik bagi anaknya.  Hal ini penting agar proses  pengasuhan sesuai dengan karakter, usia dan perkembangan anak.  Maka  dari itu, dengan adanya parenting education ini pastinya akan membuat  orang tua lebih mengerti bagaimana pola asuh yang baik. 
3. Mempertemukan kepentingan dan keinginan antara pihak keluarga dan sekolah
Tujuan  dari parenting education yang terakhir adalah mempertemukan kepentingan  dan keinginan keluarga dan sekolah. Misalnya jika di sekolah anak  diajarkan sikap mandiri dan disiplin, maka dirumah orang tua juga harus  menerapkannya. 
Bagi orang tua yang ingin mendapat info mengenai parenting, bisa mengunjungi Blog Parenting Indonesia di http://papamengasuh.id/ 

No comments:

Post a Comment